Monday, December 30, 2013

Bika Ambon Lembut

Bika Ambon Oval
Bika Ambon Oval gaya Jadoel
Bagian dalam Bika Ambon lembut dan bersarang sempurna
Bika Ambon fresh from the oven
Ini Bika Ambon yang dibuat 1 resep jadi 1 loyang
Setelah dingin keluarkan dari loyang
Irisan bika ambon dengan serat terbentuk sempurna
Bika Ambon rasa pandan dan original
Kue Bika Ambon (Ambon Honeycomb cake)
Kue ini merupakan oleh-oleh yang cukup terkenal dari Medan, tapi namanya membawa daerah Ambon, entah kenapa sampai diberi nama itu. Yang pasti kue ini kue kesukaan suami saya. Jadi kadang-kadang kalau di Luar Negeri dia suka kangen sama kue ini.

Buat teman-teman yang tidak berada ditanah air, kalau ngidam bika ambon yang biasa dijual di toko-toko kue di tanah air, coba deh  resep bika ambon ini.
Pembuatannya cukup sedehana dan hemat telur. Namun hasilnya enak sekali rasanya dengan texture lembut membelai lidah. Sarangnya terbentuk sempurna. Sekarang saya tidak perlu pergi jauh untuk membeli Bika Ambon enak di Toko Kue langganan saya di Jakarta.

Resep dibawah ini saya buat menjadi 2 loyang ukuran 20 x 20 cm, maksudnya supaya lebih cepat proses panggang dalam oven nya saja.

Bahan :

340 gram Tepung Tapioka
1 bungkus (11 gram)  instant yeast
12 butir telur
340 gram gula pasir
680 ml Santan (saya pakai santan dalam kaleng)
1,5 sdt garam
sedikit pasta pandan
5 lembar daun jeruk purut (saya pakai parutan kulit jeruk nipis sebagai pengganti daun jeruk purut)
Optional : 1 sdt Vanilla cair

Cara Membuatnya :

Campur tepung tapioka dan instant yeast.
Mixer telur dengan 100 gr gula pasir sampai gula larut. Masukkan kedalam campuran tepung tapioka, mixer sebentar sampai tercampur rata.
Masak santan, daun jeruk purut, garam dan gula pasir dalam panci, sampai gula larut. (tidak perlu sampai mendidih)
Masukkan santan kedalam adonan telur, aduk rata, istirahatkan adonan selama 1,5 jam sampai adonan 2x volume. Adonan akan menjadi sekitar 2300 ml.
Panaskan oven 160° C.
Setelah Oven cukup panas, Aduk pelan adonan, terutama dibagian bawah bowl biasanya ada adonan tapioka yang mengendap.
Bagi dua adonan, masing-masing 1150 ml. Jika suka tambahkan vanilla cair kedalam adonan dan aduk rata. Tuang adonan tanpa warna kedalam loyang yang sudah dilapis kertas baking.
Tambahkan beberapa tetes pasta pandan kedalam adonan yg kedua, aduk pelan sampai warna tercampur rata. Tuang adonan hijau kedalam loyang yang lain.
Panggang bika ambon, letakkan loyang dibagian bawah dan tengah, agar permukaan bika ambon tidak hangus, dengan api atas dan bawah selama 30 menit. Tutup loyang dibagian atas dengan alumunium foil untuk menghindari permukaan kue berwarna kecoklatan.
Setelah 20 menit, tukar loyang yang bagian bawah keatas, agar kue matang merata. Setelah tes kematangan, angkat dan sajikan.
Tips :
Jika ingin Kue Bika Ambon agak tinggi, pakai loyang dengan tinggi 7 cm ukuran 20 x 20 cm. Panggang dalam 1 loyang. Panggang Kue dibagian bawah oven, dan diperlukan waktu 45 menit untuk memanggang kue yang lebih tinggi. Tutup permukaan loyang dengan alumunium foil untuk menghindari warna kecoklatan/gosong dipermukaan atas kue.

Memanggang Bika Ambon tidak perlu khawatir, karena pintu oven yang dibuka tutup untuk pengecekan kue, tidak berpengaruh terhadap terbentuknya sarang. Jadi santai aja...

Lihat Langkah-langkah pembuatannya dibawah ini :

Bahan-bahan
Adonan bika ambon setelah di istirahatkan selama 1,5 jam
Adonan Bika Ambon setelah di istirahatkan selama 2 jam
Adonan Bika Ambon Siap dituang kedalam loyang
Bika Ambon fresh from the oven
Bika Ambon 1 resep dalam 1 loyang, tingginya 6 cm
Sarangnya terbentuk sempurna
Bika Ambon rasa Pandan

No comments:

Kreasi Dapur Iis Sukendar

Hasil dari Dapur